5 Museum Paling Pas untuk Para Pencinta Budaya dan Sejarah

5-museum-paling-pas-untuk-para-pecinta-budaya-dan-sejarah
Tiap orang tentu memiliki kegemarannya masing-masing, termasuk dalam memilih kegiatan yang hendak dilakukan ketika memutuskan berjalan-jalan ke suatu daerah. Ada yang lebih suka menikmati panorama alam yang cantik dalam keheningan. Ada yang senang berburu beragam kuliner khas kawasan yang didatangi. Ada yang gemar berbelanja mencari barang-barang yang sulit dijumpai di daerah asalnya. Bahkan Ada pula juga para pencinta sejarah yang selalu tertarik mengunjungi beragam tempat yang berhubungan erat dengan hal-hal yang disukainya tersebut.

Nah, apabila kamu termasuk golongan yang terakhir, museum dapat menjadi salah satu tujuan utama setiap kali mampir ke suatu daerah. Hanya saja, nyatanya tidak semua museum di Nusantara mampu menyajikan koleksi dan pengetahuan yang mampu memuaskan hasratmu tentang sejarah dan budaya yang belum kamu ketahui. Ditambah lagi, belum terlalu kencangnya promosi terhadap museum-museum di suatu daerah membuat tempat wisata unik yang satu ini tak jarang sulit ditemukan.

Jangan kecewa terlebih dahulu sebab kini akan lebih mudah mengunjungi beragam museum yang mampu memenuhi keinginanmu untuk mengulik sejarah dan budaya yang belum kamu ketahui. Soalnya, kelima museum di lima daerah ini dijamin akan membuatmu terpukau dengan koleksi dan pengemasannya. Sekarang, mulai-mulai pilih yuk yang mana lebih dahulu dari kelima museum ini yang hendak kamu kunjungi.

 

1.Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

                       Sumber foto : njogja.co.id

Melihat koleksi batik dalam sebuah museum memang sudah biasa dan banyak kota yang menyediakan. Akan tetapi, kalau melihat koleksi batik keraton secara langsung, mungkin hanya bisa kamu dapati jika berkunjung ke Museum Ullen Sentalu yang berada di Kaliurang, Yogyakarta. Mengunjungi museum budaya yang satu ini pun tidak sulit. Langkah pertama tentulah kamu perlu membeli tiket kereta api ataupun pesawat menuju Kota Pelajar ini. Setelah itu, kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan ke lokasi museum menggunakan motor atau mobil sewaan. Satu hal paling spesial dari museum ini, kamu bisa mencicipi jamu awet muda yang konon menjadi minuman rutin yang membuat para penghuni keraton selalu tampak gagah dan cantik !

Baca Juga : Menginap di Hostel ? Coba De Hostel Jogja !

 

2.Museum Angkut, Malang

              Sumber foto : suaramerdeka.com

Lebih tepatnya, museum yang berisi diorama dan replika berbagai alat angkut dari masa ke masa ini berada di kawasan Batu, Malang. Saat ini, Museum Angkut termasuk salah satu museum terpopuler di Indonesia. Karena keberadaan museum ini juga, kunjungan wisatawan ke Kota Apel ini meningkat pesat. Salah satu buktinya dapat dilihat dari tingkat keterisian kereta api maupun pesawat menuju Malang yang selalu penuh.

Baca juga : Pengalaman Menginap di Airy Eco Syariah Lowokwaru Gajayana 567 Malang

Jika memang berniat mengunjungi museum ini, sebaiknya kamu membeli tiket dari jauh-jauh hari. Cara yang tak kalah efektif, kamu bisa memesan tiket kereta api di Traveloka maupun tiket pesawat di agen travel online tersebut yang pelayanannya tersedia 24 jam tiap harinya. Untuk pemesanan tiket kereta api, silakan klik di sini. Baca juga pengalaman saya saat mudik dengan kereta api dan mendapatkan promo diskon 25k jika melakukan pemesanan tiket kereta api di Traveloka disini.

 

3.Museum Pasifika, Bali

             Sumber foto : Rentalmobilbali.net

Disebut-sebut sebagai salah satu museum terlengkap di dunia, Museum Pasifika yang berada di kawasan Nusa Dua ini menyajikan sebelas pavilion yang tiap ruangnya berisi koleksi budaya dari beragam suku di Asia maupun Pasifik. Tidak hanya hasil seni budaya khas suku-suku di Asia Pasifik, museum yang satu ini pun memamerkan sekitar 600 karya seni dari 200 seniman dari negara-negara Asia Pasifik. Museum Pasifika yang sempat meraih penghargaan Wonderful Indonesia Award 2011 ini pun seakan membuktikan bahwa Bali tidak hanya memiliki pantai-pantai cantik, melainkan juga museum yang siap membuat para pengunjungnya tercengang.

 

4.Museum Geologi, Bandung

             Sumber foto : iwing.wordpress.com

Museum apa yang hendak kamu kunjungi ketika tiba di Kota Kembang? Tidak perlu bingung, coba mampir ke Museum Geologi yang berada dekat Gedung Sate, dijamin kamu akan jatuh cinta karena tempat ini menyajikan sejarah kehidupan secara umum, sejarah geologi Indonesia, dan sejarah geologi manusia. Di museum ini kamu akan dihadapkan pada ratusan koleksi kerangka maupun hasil temuan geologi lainnya yang membuatmu dapat semakin memahami masa lalu kehidupan manusia. Satu hal lain yang istimewa dari Museum Geologi adalah umurnya yang telah melebihi kemerdekaan Indonesia. Bayangkan saja, koleksi-koleksi di museum ini sudah mulai dikumpulkan sejak tahun 1850-an.

 

5.Museum Kanker Indonesia, Surabaya

                           Sumber : kompas.com

Ketika mendengar kata kanker, yang terbayang di otak tiap orang tentu adalah sebuah penyakit menyeramkan yang siap mematikan harapan para penderitanya. Nah, uniknya ada sebuah museum di Surabaya yang justru menampilkan jaringan-jaringan sel kanker yang menggeroti tubuh bernama Museum Kanker Indonesia. Diharapkan melalui tampilan sekitar 30 sel kanker dalam toples yang merupakan koleksinya tersebut, masyarakat menjadi lebih sadar akan bahaya kanker, cara mendeteksinya sedini mungkin, hingga cara pencegahannya. Tak ayal karena fungsinya ini, Museum Kanker Indonesia digolongkan sebagai jenis museum pendidikan.

Baca juga : Museum Batik Pekalongan, Wisata Edukasi di Kota Pekalongan

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *