Belajar Bikin Video Bareng Malang Citizen di Ngalup Coworking Space

Semenjak gabung dengan komunitas blogger Malang Citizen, ada banyak acara seru yang bisa saya ikuti. Setelah mengikuti acara Bijak Bermedia Sosial yang bekerja sama dengan Kominfo, Malang Citizen juga tidak melupakan untuk tetap mengadakan acara yang bisa meningkatkan skill para anggotanya. Salah satunya dengan mengadakan Internal Capacity Building #2 rutin setiap bulan. Untuk tema bulan ini adalah “How To Make A Great Video With A Smartphone” yang dilaksanakan di Ngalup.co Coworking Space Malang.

Internal Capacity Building #2 Malang Citizen kali ini diadakan di Ngalup.co Coworking Space. Setelah sekian lama penasaran, akhirnya saya punya kesempatan buat ke Ngalup.co Coworking Space. Selama ini cuma bisa mupeng melihat banyak agenda yang diselenggarakan di Ngalup tapi tidak pernah punya kesempatan buat bergabung di acara-acara tersebut. Selain karena jadwal yang kadang tidak pas, lokasi Ngalup yang lumayan jauh dari tempat tinggal juga jadi pertimbangan.

TENTANG NGALUP.CO COWORKING SPACE

Buat yang masih asing dengan apa itu coworking space, akan coba saya beri sedikit gambaran. Coworking space adalah sebuah tempat atau ruang untuk bekerja yang digunakan untuk bersama-sama. Coworking space lebih bersifat kantor terbuka dimana kita bisa berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai pekerjaan dan perusahaan yang berbeda. Dengan adanya kantor terbuka, keuntungan yang didapat adalah lebih banyak berjejaring dan melebarkan koneksi kita. Coworking space juga digunakan untuk mensiasati kebutuhan ruang kantor yang semakin tinggi serta biaya sewa kantor yang semakin besar.

Satu hal yang perlu diingat lagi, Coworking space tidak hanya menyewakan ruang dengan fasilitas lengkap seperti wifi dan pantry tapi juga bisa menciptakan suasana yang saling mendukung seperti layaknya sebuah komunitas.

Nah, Ngalup.co ini adalah salah satu coworking space baru di kota Malang. Kata Ngalup berasal dari bahasa Jawa walikan khas Malang  yang berarti pulang.  Dengan icon yang bergambar cakar singa dan bermakna pada adanya tiga titik terkoneksi yang membawa nilai coworking space itu yakni collective, connectivity, dan collaboration. Ngalup.co tidak hanya menyediakan kantor bersama tapi juga mengadakan acara-acara diskusi dan workshop berkaitan dengan enterpeneurship, digital marketing, serta topik-topik menarik lainnya. Jadi, pengguna Ngalup.co terdiri dari berbagai kalangan dan berbagai komunitas sehingga bisa saling berbagi. Contohnya adalah komunitas Yukbisnis, Masyarakat Tanpa Riba, Hipwee, IMA, Akademi Berbagi, AIESEC, 1000 Startup Digital, Gapura Digital, MANIFEST, Developer Circle Malang, dan masih banyak komunitas serta bisnis start up lainnya.

 

Ngalup.co Coworking Space berlokasi di Jalan Sudimoro No 1-3, Perumahan Dwiga, Lowokwaru Malang. Ngalup.co terdiri dari dua lantai. Lantai 1 untuk event space dengan kapasitas sekitar 100 orang. Sedangkan lantai 2 digunakan untuk ruang kerja serta ruang rapat. Jika sedang tidak ada event, lantai 1 biasanya berfungsi sebagai kafe yang menyediakan minuman dan camilan.

Untuk fasilitas penunjang lainnya di Ngalup.co, ada musholla kecil di pojok lantai 1 jadi kita tidak perlu kebingungan jika waktu sholat telah tiba. Dan di Lantai 2 Ngalup.co tersedia pantry serta toilet yang bersih. Karena Ngalup.co adalah ruang bersama, jangan lupa tetap menjaga kebersihan pantry dengan mencuci gelas atau sendok yang sudah kita pakai.

How To Make A Great Video With A Smartphone

Nah, dari pembahasan mengenai Ngalup.co Coworking Space, kita berpindah ke pembahasan tentang cara membuat video menggunakan smartphone. Meski saya datang agak terlambat, alhamdulillah pemateri mas Sandi Iswahyudi masih mau meladeni pertanyaan-pertanyaan saya tentang cara mudah untuk membuat video. Mas Sandi menerangkan bahwa dalam membuat video ada 3 hal mendasar yang harus dimiliki, yaitu : nilai, bergerak, dan menikmati.

Nilai merupakan poin mendasar bagi setiap orang, khususnya oleh seorang video creator. Nilai menjadi pondisi dasar bagi seseorang untuk bertahan di satu titik. Apakah jika ada masalah seseorang akan bertahan, beralih pada lainnya, mundur, atau lari dari masalah. Poin penting yang harus dicatat adalah sebaiknya nilai ini harus kuat. Misal apa alasan kita untuk berkarya atau membuat video, apakah untuk mencari uang, atau untuk sharing, dan lain sebagainya. Jika sudah mantap untuk menjadi vlogger, maka segala halangan dan rintangan dalam proses pembuatan video akan dilewati dengan mudah.

Poin kedua adalah Bergerak. Dalam artian kita bergerak untuk memulai karya, jangan hanya punya keinginan untuk bisa bikin karya. Setelah memulai karya pertama, biasanya kita akan mulai ‘ketagihan’ untuk membuat karya berikutnya. Yang penting, jangan takut karya kita akan dikritik. Ambil sisi positifnya saja. Bisa jadi kritik itu justru akan membuat karya kita akan menjadi lebih baik lagi.

Poin terakhir adalah menikmati. Semua proses itu harus dinikmati. Proses itu adalah jalan untuk kita lebih konsisten berkarya dan menjadi lebih ahli. Karena proses untuk menjadi seorang ahli tidak hanya memakan waktu satu atau dua hari tapi bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Jika kita tidak benar-benar menikmati, kita akan gampang menyerah dan ujung-ujungnya akan berhenti berkarya.

Setelah membeli penjelasan tentang tiga poin tersebut. Kami langsung praktik membuat video dengan smartphone. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video adalah aplikasi Power Director. Karena sebelumnya saya sudah pernah iseng bikin video asal-asalan pakai aplikasi Viva Video, saya tidak begitu kesulitan menggunakan aplikasi ini. Nah untuk title di awal dan di akhir video, kita bisa menggunakan aplikasi Legend.

Penjelasan tentang teknik membuat video dilakukan sambil praktik membuat video dengan durasi pendek (sekitar 1 menit) dan tema-tema sederhana. Kami langsung sibuk dengan smartphone masing-masing hingga tidak terasa jam menunjukkan pukul 12 siang dan kami harus mengakhiri sesi Internal Capacity Building Malang Citizen #2 ini. Rasanya waktu untuk sharing ini terlalu singkat dan masih banyak yang harus saya pelajari. Moga saya bisa belajar banyak lagi pada kesempatan-kesempatan yang lain. Amin

Ngalup.co Coworking Space

  • Jalan Sudimoro No 1-3, Perumahan Dwiga, Lowokwaru Malang
  • Website : http://ngalup.co
  • Instagram : @ngalup.co

 

You may also like

8 Comments

  1. “Poin kedua adalah Bergerak. Dalam artian kita bergerak untuk memulai karya, jangan hanya punya keinginan untuk bisa bikin karya.””””””+

    yang ini saya kena banget, soalnya ga gerak2, padhaal potensi udah mendukung, hadeehh, memang memulai itu sulit ya, apalagi ditunda, jadi makin sulit

    1. Ya, aku juga kepingin tahu hasil belajarnya Ria nih. Aku diceritain sama Nisaul Abidah kalau bulan lalu Malang Citizen ngadain workshop videografi smartphone. Memang pesertanya terhitung sepi, tapi menurutku ini justru lebih efisien karena muridnya bisa belajar lebih intim dengan pengajarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *