Beradaptasi di Kantor Baru, Ini caranya !

Terkadang kita sering kikuk ketika kita menjadi orang baru di tempat yang baru sehingga melakukan adaptasi di kantor baru adalah hal yang harus dilakukan untuk menghilangkan sikap kikuk kita. Pentingnya beradaptasi juga berguna agar kita lebih mudah untuk diterima sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja kita di kantor baru. Jika kamu adalah karyawan baru di tempat kerjamu, ini caranya beradaptasi di kantor baru.

Pertama, pada tahap awal bekerja, kita sebaiknya membuka diri. Kenalkan diri dengan sebaik mungkin. Sebisa mungkin kita menceritakan diri kita apa adanya. Bangunlah kepercayaan dan respek dari rekan satu tim. Selain itu, lakukan diskusi dengan atasan, soal tugas utama dan prioritas yang harus dilakukan.

Kedua, kenali orang-orang di sekelilingmu. Terutama atasan dan rekan kerja. Sebisa mungkin jangan pilih-pilih dalam bergaul. Bertemanlah dengan semua orang mulai dari pimpinan sampai pada satpam dan petugas kebersihan. Pentingnya mengenal rekan kerja adalah agar memudahkan kita dalam melaksanakan pekerjaan nantinya. Selain itu, banyak teman bisa menambah wawasan kita baik di dalam pekerjaan kita ataupun di kehidupan kita pada umumnya.

Ketiga, pelajari budaya di perusahaan tersebut. Pelajari juga kebiasaan berpakaian di tempat kita bekerja. Jangan sampai salah kostum dan sesuaikan pakaian kita agar terlihat pantas. Pelajari juga hal-hal yang menjadi kebiasaan di tempat kerja kita yang baru. Aturan-aturan yang tertulis maupun kebiasaan yang sudah menjadi budaya di tempat kerja harus kita ketahui dengan baik. Misalnya peraturan tentang rapat atau peraturan tentang ketidakhadiran untuk ijin atau cuti.

Keempat, ciptakan iklim kerja yang baik. Jangan malu untuk bertanya jika kita tidak memahami suatu topik atau masalah yang dibahas dalam rapat. Berkompetisi sehat dalam pekerjaan adalah hal yang penting. Namun, ketika berada di luar jam kerja, sebaiknya kita menjalin hubungan pertemanan yang tulus. Mari saling membantu rekan kerja kita yang mengalami kesulitan.

Kelima, tunjukkan kinerja terbaik kita. Kinerja yang baik dapat menjadikan karyawan baru lebih disenangi oleh atasan dan juga sesama rekan kerja. Selain itu, kita akan lebih mempunyai kesempatan untuk terus berkembang dan menambah wawasan.

Selamat bekerja !

 

Sumber gambar : pixabay.com

 

You may also like

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *