Cara Asyik Untuk Berkontribusi Kepada Indonesia

Awalnya, saya tidak terpikir untuk menulis sesuatu yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus ini. Tapi, mendadak keinginan untuk menulis muncul setelah stalking akun instagram Maudy Ayunda, salah satu artis muda favorit saya.  Dia membagikan fotonya di instagram saat menjadi salah satu pembicara dalam acara #supermentor bersama Sri Mulyani (Menteri Keuangan) dan Jim Kim (President  of the World Bank).

Dalam video singkat berdurasi kurang dari 1 menit, ada penggalan kalimat dari Maudy Ayunda yang mewakili generasi milenial. Menurut Maudy, kita sebaga anak muda Indonesia memiliki 3 peran penting bagi bangsa, yaitu :

1.Role of Ourselves

Maudy mengatakan bahwa generasi Milenial tidak hanya mengejar mimpi, tapi mereka juga membuat mimpi. Seperti kata Maudy Ayunda : We are generations of Creating Opportunities and Dreams. And We Owe Ourselves !

Ini artinya, banyak pekerjaan yang bagi orang tua kita tidak dianggap ‘pekerjaan’ tapi justru sekarang menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Apalagi, akses teknologi dan informasi untuk melakukan apa yang kita sukai saat ini menjadi lebih mudah, sehingga kita bisa menggali potensi kita untuk lebih dan lebih. Dari apa yang kita sukai itu, munculah manusia-manusia muda Indonesia yang lebih kreatif dan inovatif.

Coba tanyakan, mungkin bagi orang tua kita dulu, tidak pernah terpikirkan memperoleh penghasilan dari menjadi selegram, youtuber, atau social media influencer. Pekerjaan sesuai passion seperti menjadi designer, barista, chef, dan lain-lain justru bagi generasi milenial menjadi ladang penghasilan yang subur. Kebebasan untuk mengembangkan diri itulah yang harus kita manfaatkan untuk menggali potensi kita.

2. Peran sebagai calon orang tua

Kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa anak-anak kita memiliki akses kesehatan dan akses pendidikan yang cukup.  kita juga memiliki tanggung jawab kepada komunitas kita untuk mempromosikan kebiasaan yang baik dan positif.

3. Peran sebagai warga negara yang aktif

Pertama, dengan memantau kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah. Kedua, dengan memberikan kontribusi untuk negara misalnya dengan membayar pajak.

Permasalahan saat ini, ketika informasi berseliweran dan terlalu banyak informasi yang ada, maka kita harus bisa menterjemahkan informasi yang kita dapatkan dengan baik dan bisa menjadikan informasi itu sebagai dasar untuk peduli terhadap lingkungan sekitar serta dapat melakukan tindakan yang positif dan bermanfaat bagi orang banyak.

Tentang Makna Kemerdekaan

Freedom harus menjadi prioritas utama dalam perkembangan dan pertumbuhan suatu negara. Karena freedom bukan hanya bermakna kemerdekaan dan kebebasan. Freedom berarti the greatest possible potential that you can have. Artinya, freedom berbicara tentang potensialisme dan kesempatan yang kita dapatkan untuk mengembangkan diri kita. Itu yang harus kita raih bersama.

Sumber video Maudy lengkap : https://www.youtube.com/watch?v=DoBg2JVthrY

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *