Inilah 6 Tempat Menarik di Bandung yang Ramah Bagi Orang Tua dan Anak

Tiap akhir pekan, Kota Bandung selalu dipenuhi wisatawan dari berbagai daerah, khususnya Jakarta. Hal ini cukup membuktikan kalau Bandung sangat cocok dinobatkan sebagai kota wisata. Selain itu, fasilitas wisatanya pun cukup lengkap. Wisatawan akan sangat mudah menemukan daftar hotel murah di Bandung, pusat perbelanjaan, restoran dan kafe, wahana permainan, dan sebagainya.

Pariwisata di Bandung pun bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, bahkan tempat menarik yang cocok untuk anak-anak dan orangtua pun banyak tersedia di kota berjuluk Paris van Java ini. Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk mengajak anak dan orangtua liburan di sini. Kamu bisa mengajak mereka ke tempat-tempat seru berikut ini :

(1) Kebun Binatang

                    Source : news.detik.com

Kebun Binatang Bandung masih jadi tempat wisata favorit. Tempat ini selalu penuh tiap waktu libur tiba. Bagi anak-anak, berlibur ke kebun binatang sangat baik bagi tumbuh kembang mereka. Di sana mereka bisa bermain sambil belajar sekaligus. Sedangkan bagi orang tua, rekreasi di kebun binatang bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Mereka bisa liburan sambil mengasuh anak sekaligus. Aneka hewan yang dipelihara di kebun binatang pun cukup lengkap. Mulai dari spesies primata, mamalia, sampai reptil ada di sini. Kebun binatang yang satu ini terletak di jalan Taman Sari, dekat kampus Institut Teknologi (ITB) Bandung.

 (2) Kawasan Asia Afrika

                  Source : print.kompas.com

Jalan Asia-Afrika dan sekitarnya adalah kawasan Kota Tua yang ada di Bandung. Di sana, berdiri bangunan bersejarah dari jaman Belanda yang sangat Instagenic. Ada juga Museum Asia-Afrika yang jadi saksi pertemuan antar negara Asia dan Afrika yang pertama kali berlangsung pada tahun 1955. Di kawasan ini pula perkembangan Kota Bandung dimulai karena di sana berdiri tugu 0 km Kota Bandung. Di kawasan Asia-Afrika pun ada penampilan menarik dari para Cosplayer yang mengenakan kostum tokoh-tokoh superhero favorit para anak. Uniknya, ada juga yang menggunakan kostum hantu-hantu khas Indonesia sehingga terlihat semakin nyentrik. Jika ingin bersantai, kamu dan keluarga tinggal pergi ke Taman Alun-Alun untuk berekreasi.

(3) Balai Kota

                       Source : republika.co.id

Balai Kota Bandung yang ada di antara jalan Wastukencana dan jalan Merdeka ini bukan hanya berfungsi sebagai pusat pemerintahan Kota Bandung saja. Di komplek pemerintahan ini, ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati untuk wisatawan dari segala umur. Ada Taman Labirin yang sangat Instagenic, sungai yang bisa dipakai untuk bermain, kolam, hingga wifi. Belum cukup sampai di situ, ada juga Taman Sejarah di belakang Balai Kota Bandung, tepatnya di bekas lahan parkir gedung DPRD Kota Bandung. Di sana, anak-anak bisa bermain sekaligus belajar. Makanya, banyak orangtua yang senang mengajak anaknya bermain di kompleks pemerintahan Kota Bandung ini.

(4) Trans Studio

            Source : transstudiobandung.com

Trans Studio pernah dinobatkan sebagai wahana permainan dalam ruangan terbesar di Indonesia. Di sana, ada sekitar 20 wahana permainan seru yang bisa dinikmati. Mulai dari wahana yang memacu adrenalin untuk remaja dan dewasa, wahana science untuk segala umur, wahana Dunia Lain untuk menguji nyali, sampai teater. Sebagai bonus, di sini juga berdiri sebuah mall besar bernama Trans Studio Mall dan hotel berbintang. Jadi setelah puas menikmati wahana permainan yang ada di sana, kamu bisa mengajak keluarga untuk makan dan belanja di mal atau langsung beristirahat di dalam hotel.

(5) Teras Cikapundung

                Source : bandung.merdeka.com

Teras Cikapundung adalah etalase untuk melihat sisi Kota Bandung dari sudut yang berbeda. Taman yang dibangun di tepian sungai Cikapundung ini merupakan ruang terbuka berbasis Urban dan Ekologi sebagai bagian dari upaya untuk pelestarian lingkungan sekitarnya. Jadi selain rekreasi, bersosialisasi, berfoto, dan bermain, wisatawan juga bisa mendapat edukasi untuk lebih peduli terhadap lingkungan, terutama soal kebersihan sungai.

Mengingat Teras Cikapundung ini dibangun di kawasan hutan kota Babakan Hutan Siliwangi (Baksil), udara di sekitarnya pun cukup sejuk dan sangat dekat dengan kawasan strategis seperti Cihampelas, Ciumbuleuit, dan Dago.

(6) Saung Angklung Udjo

                   Source : travel.kompas.com

Kalau kamu ingin mengajak keluarga untuk merasakan keseruan wisata budaya di Kota Bandung, datang saja ke Saung Angklung Udjo yang ada di jalan Padasuka. Di sini, wisatawan bisa belajar langsung cara memainkan alat musik tradisional Jawa Barat tersebut sambil melihat proses pembuatannya. Selain itu, di sanggar seni yang sudah berdiri sejak 1966, sering berlangsung pertunjukan musik menarik yang melibatkan para pengunjung. Sangking menariknya kegiatan yang bisa dilakukan di sana, turis mancanegara pun banyak yang tertarik untuk berkunjung ke sana.

Tapi sebelum mengunjung tempat tersebut, sebaiknya kamu cari daftar hotel murah di Bandung yang lokasinya berdekatan dengan tempat-tempat di atas terlebih dahulu agar aksesnya lebih mudah. Selanjutnya, kamu bisa melakukan pemesanan hotel di reservasi.com.

Dengan melakukan pemesanan hotel di reservasi.com, kamu bisa mendapatkan kamar hotel pilihan tanpa perlu mengeluarkan kocek berlebih Soalnya, di reservasi.com terdapat banyak daftar hotel murah di Bandung dengan berbagai kelas.

Sumber foto judul tulisan : pixabay.com

You may also like

25 Comments

  1. Aku dah lama pengen ngajak anak juga neh ke Trans Studio, tapi ga sempet terus. Padahal suami sering ke Bandung buat dinas.
    6 wisatanya memang ok buat dikunjungi ya. Dah lama ga ke Bandung.

  2. Saya sekolah di Bandung semenjak kecil sampai kuliah. Sekolah saya dulu di depan Balai Kota yang diceritakan Ria. Dulu saya menghabiskan jam pelajaran olahraga di sana. Tamannya belum jadi Taman Sejarah seperti yang diceritakan sekarang.

    Teras Cikapundung dulu angker. Sering jadi lokasi urban legend, banyak cerita horor di sana. Tapi walikotanya mengolah Teras Cikapundung jadi taman kota yang keren.

    Minggu depan saya mau mudik ke Bandung. Sepertinya sudah waktunya saya menengok sekolah saya lagi, sekalian main ke Taman Sejarah di Balai Kota. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *