Kedai Kopi Legipait Malang, Serasa Ngopi Di Rumah Sahabat Lama

Salah satu kedai kopi yang terkenal di kalangan komunitas-komunitas band indie di Malang adalah kedai kopi Legipait. Berdiri sejak tahun 2011, kedai kopi ini terletak di sebuah rumah tua mungil di perempatan lampu merah jalan Pattimura Kota Malang. Tepat di seberang Hotel Helios yang terkenal di kalangan backpacker luar negeri. Pertama kali saya ke tubsana sekitar tahun 2011/2012. Saat itu saya diajak oleh teman saya, Happy, yang merupakan mahasiswa DKV UM. Memang, Legipait juga terkenal di kalangan anak DKV UM. Selain terkenal di kalangan mahasiswa dan komunitas-komunitas di Malang, pengunjung Legipait juga dari kalangan pelajar. Karena ada beberapa sekolah yang lokasinya berdekatan dengan kedai kopi ini.

Lokasi Legipait memang berada di pusat kota Malang dan tidak jauh dari stasiun Malang Kota Baru. Kesan pertama saat pertama kali ke Legipait adalah sempit karena tempatnya memang tidak luas. Jadi, ketika banyak pengunjung berdatangan, kesannya jadi ramai dan penuh dengan orang. Apalagi, kursi-kursi di Legipait memang tidak terlalu banyak karena menyesuaikan dengan rumah mungil ini. Tapi, sekalipun tidak terlalu luas, hampir dipastikan kursi-kursi di kedai ini selalu penuh pengunjung. Suasananya emang bikin betah sih. Seperti sedang berkunjung ke rumah teman lalu ngobrol sambil minum kopi sama teman dekat. Selain suasanya yang bikin betah, ada tambahan live music setiap hari senin bernama “Blue Monday’ buat kamu yang suka mendengarkan musik di kafe.

Baca juga : Telescope, Kopi dan Ruang Untuk Imajinasi

Kedua kali (atau ketiga kalinya) saya ke Legipait pada awal Januari 2018. Saat itu hari sabtu pagi saya sengaja ke kedai kopi ini untuk bertemu dengan teman-teman dan guru Yoga saya. Karena guru Yoga saya sedang hamil, dia menghindari asap rokok. Nah, di Legipait ini kalau pagi tidak terlalu ramai oleh pengunjung. Jadi lumayan ‘aman’ dari asap rokok. Saat kesana pagi hari, kesannya Legipait jadi lebih terang jadi meskipun tempatnya sempit tapi masih terasa nyaman dibandingkan saat pertama kali saya kesana. Jadilah kami ngobrol ngalur ngidul di pagi hari sambil makan salad sehat bikinan teman saya dan memesan beberapa camilan yang disediakan di Legipait.

Baca juga : Java Dancer Coffee, Tempat Ngopi Bernuansa Kayu Yang Asyik Buat Ngobrol

Sebagai kedai kopi, menu andalan di Legipait adalah kopi tubruk, kopi rempah, dan kopi jahe. Selain itu ada menu minuman selain kopi seperti teh, coklat, jahe lemon, rempah, jus buah, dan minuman-minuman lainnya. Untuk mennu makanan, ada menu pancakes, waffles, pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, ommelete, dan kentang. Nampaknya Legipait memang menyajikan camilan dan tidak menjual makanan ‘berat’ seperti nasi, mie atau lauk pauk. Legipait seperti bisa melihat peluang dengan menyajikan sarapan pagi ringan untuk para backpacker yang menginap di Hotel Helios yang berada di depan Legipait. Sekalipun tidak ngopi, saya sih cocok ya dengan minuman non kopi dan makanan yang disajikan di Legipait. Pas aja buat teman ngobrol. Kalau mau cari tempat nyaman buat ngopi dengan suasana nyaman dan bernuansa pengunjung komunitas-komunitas lokal Malang, coba deh ke Legipait.

Legipait

  • Alamat : Jalan Pattimura No. 24 Kota Malang
  • Jam Buka : Setiap Hari Kecuali Hari Kamis, Jam 07.00 s.d. 13.00 WIB dan Jam 16.00 s.d. 00.00 WIB
  • Harga : Rp. 5.000 s.d. Rp. 25.000
  • Fasilitas : Parkir motor, wifi, toilet

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *