Pengalaman Staycation di Ollino Garden Hotel

ollino-garden-hotel-airy-rooms-4
Karena sudah lama kita tidak jalan-jalan, ketika suami mengunjungi saya ke Malang bulan Mei lalu, saya mengusulkan kepada suami buat staycation di hotel di Kota Malang. Sekalian memanfaatkan kode referral aplikasi Airy Room berupa diskon 100 ribu rupiah milik Mas Ihwan hariyanto. Setelah browsing kilat karena waktu yang mepet, akhirnya pilihan jatuh pada Airy Alun-Alun  Malang Aries Munadar 41, atau lebih dikenal dengan Ollino Garden Hotel.

Caritanya, tiba-tiba saja suami bilang pingin mengunjungi saya ke Malang. Padahal kami baru bertemu minggu sebelumnya saat kunjungan saya ke rumah suami. Kaget juga karena biasanya kami mengatur pertemuan tiap 2 minggu atau 3 minggu sekali. Tapi seneng sih. Sebagai pasangan Long Distance Marriage seperti saya, kesempatan bertemu adalah kesempatan berharga yang tidak boleh dilewatkan.

Selidik punya selidik, ternyata selain alasan ‘kangen’ yang mendadak, suami ke Malang dalam kondisi stres akibat tesisnya dan laporan bulanan pendamping desa yang belum kelar. Saya mengusulkan agar kami menginap di hotel sekalian memanfaatkan fasilitas wifi hotel. Alasan pertama sih agar dia bisa lebih konsentrasi menyelesaikan pekerjaannya sekaligus biar saya juga bisa nulis buat blog. Alasan kedua, sekalian kami honeymoon edisi kesekian. Rasanya kami sudah lama tidak menghabiskan waktu berdua.

Staycation memang sedang ngetren akhir-akhir ini. Awalnya, istilah staycation merupakan lawan dari istilah dari vacation. Jika vacation berarti liburan keluar dari rumah. Maka staycation adalah cara-cara memanfaatkan liburan dengan tinggal di rumah dan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan di rumah. Nah, di Indonesia, staycation lebih indentik dengan liburan yang diisi dengan menginap di sebuah hotel serta menikmati fasilitas di dalam hotel. Selain itu, kita bisa menjelajah lingkungan sekitar hotel tanpa perlu ada target untuk pergi ke satu tempat wisata khusus.

Sebenarnya, saya dan suami sudah beberapa kali staycation di hotel atau penginapan. Tapi saat itu, saya merasa belum tergerak untuk menuliskan di blog ini. Nah, semenjak saya menulis tentang penginapan De Hostel di Yogyakarta, banyak sekali yang bertanya tentang rekomendasi tempat menginap pada saya. Karena banyak orang yang ternyata bisa terbantu dengan informasi di blog ini, maka saya jadi semangat untuk berbagi cerita tentang staycation saya kali ini.

Baca Juga : Menginap Di Hostel ? Coba De Hostel Jogja !

Keputusan buat staycation di hotel terbilang mendadak. Suami mengabari akan ke Malang pada hari jumat, seketika saya kalang kabut mencari hotel yang terjangkau bagi kantong kami. Setelah mencoba membandingkan harga hotel dari berbagai aplikasi, akhirnya saya memutuskan untuk memesan hotel melalui aplikasi Airy Rooms. Alasannya, saya bisa dapat diskon 100 ribu rupiah jika memesan melalui aplikasi Airy Rooms setelah saya menggunakan kode referral milik Mas Ihwan hariyanto, blogger keluargabiru.com, yang baru saja menginap di Airy Rooms dua minggu sebelumnya.

Senangnya hati saya akan mendapat diskon. Tapi karena waktu memesan yang mepet, hampir sebagian besar kamar di aplikasi Airy Rooms sudah fully booked, sehingga pilihan saya menjadi lebih sedikit. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya saya memilih untuk menginap di Airy Alun-Alun  Malang Aries Munadar 41, atau lebih dikenal dengan Ollino Garden Hotel.

Ollino Garden Hotel merupakan salah satu hotel berbintang tiga yang terletak di jantung kota Malang. Lokasi Ollino Garden Hotel ada di Jalan Aries Munandar. Tepat di pojok jalan pertigaan di belakang Ramayana Alun-alun Kota Malang. Dari Alun-Alun, kita bisa langsung jalan kaki menuju Ollino Hotel.

Kamar yang kami pesan dari Airy Rooms merupakan tipe kamar Superior dengan fasilitas Double Bed, AC, Wifi, TV Flat 21 Inchi, Shower with Hot & Cold water, Air Mineral, Tea and Coffee Sachet, Room Amenities, dan Free Breakfast. Karena kami memesan kamar lewat Airy Rooms, maka kami mendapat tambahan snack dan teh kemasan. Serta tambahan peralatan mandi yang diletakkan pada satu wadah kecil berwarna biru bertuliskan Airy Rooms.

Jika dilihat dari situs resmi Ollino, harga kamar Superior berkisar pada 400 ribu rupiah. Kami mendapat harga 380 ribu rupiah dan dipotong 100 ribu rupiah dari kode referral mas Ihwan. Jadi untuk staycation kali ini, kami hanya mengeluarkan biaya 280 ribu rupiah.

Kami check in di Ollino pada jam 2 siang, lanjut istirahat sambil nonton TV. Sore harinya, kami jalan-jalan ke sekitar Alun-alun sekalian mencari makan malam. Setelah kenyang, kami membeli terang bulan cokelat keju karena suami lagi pingin makan terang bulan buat menemani dia begadang menyelesaikan tanggungan tesis dan pekerjaannya.

Pagi harinya, kami sarapan sekitar jam 8 pagi. Menu sarapan di Ollino seperti kebanyakan menu sarapan di hotel bintang 3. Ada nasi putih dan nasi goreng, sup, tumis wortel, mie goreng, ayam goreng, dan tempe goreng. Selain menu itu, ada juga bubur ayam, salad sayur, buah-buahan, dan roti tawar dengan dua macam saus. Untuk minumannya, tersedia kopi dan teh panas serta air putih dingin yang diberi jeruk nipis.

Menurut saya, hotel ini cukup layak direkomendasikan untuk kamu yang ingin mencari penginapan yang dekat dengan pusat kota jika kamu pergi ke Malang. Ukuran kamarnya juga luas. Kebetulan kamar kami bertipe non smoking room, jadi jendela kamar kami bisa dibuka lebar agar asap rokok tidak terjebak di dalam kamar. Alasan ini yang bikin suami tenang kalau kita nginap di hotel. Dia bisa merokok tanpa perlu pergi ke lobi hotel.

Tatanan kamar juga dibuat agar kamar mendapat cahaya matahari. Maklum, saya termasuk parno karena pernah menginap di kamar yang lembab, menyeramkan, dan tanpa cahaya matahari. Jadi saya senang sekali jika mendapat kamar yang membiarkan cahaya matahari bebas keluar masuk sesukanya. Kekurangannya sih, kamar mandinya tidak terlalu bersih karena ada beberapa bagian dinding yang kotor. AC nya juga sangat dingin sekalipun kami telah menyetel ke suhu minimal. Entah AC atau remote AC nya yang bermasalah. Kami tidak tahu. Hehehe.

Oiya, saat itu, ponsel suami habis terkena air hujan hingga mati total. Saya mengusulkan pada suami agar dia meminjam hair dryer di hotel ini sehingga dia bisa mengeringkan bagian dalam ponselnya. Akhirnya kami menelepon bagian resepsionis dan bertanya tentang ketersediaan hair dryer di hotel ini. Kami dipinjami hair dryer setelah kami menyerahkan deposit uang 50 ribu rupiah yang akan dikembalikan saat kami check out nanti. Bahkan  hair dryer itu diantarkan langsung oleh petugas hotel ke kamar kami tidak lama setelah kami menutup telepon.

Kami check out tepat jam 12 siang. Setelah itu, kami berjalan kami ke Alun-alun kota Malang untuk menikmati keramaian di sana. Kami duduk di atas rumput. Suami melanjutkan pekerjaannya yang belum selesai sambil nyemil terang bulan sisa semalam. Pada jam 1 siang, suami menemani saya bertemu dengan teman-teman komunitas blogger Malang Citizen untuk mengikuti sharing tentang SEO oleh Mas Maman dan Pak Assaifi. Sekalipun pada jam 3 sore acara belum selesai, saya terpaksa meninggalkan mereka untuk menemani suami ke terminal karena jadwal busnya adalah jam 5 sore. Kami naik angkot ke terminal dan menunggu bus tiba sambil ngobrol panjang lebar tentang pertemuan dua hari ini.

Terkadang kebahagiaan memang sederhana sih. Jika biasanya saya suka maksa buat pergi jalan-jalan, kali ini saya sudah sangat bahagia jika saya dan suami berkumpul dan menghabiskan waktu bersama sambil menyelesaikan deadline kami masing-masing. Dia dengan tesis dan pekerjaannya. Saya dan daftar tulisan untuk blog ranselperi.

Terima kasih untuk minggu menyenangkan kali ini, suami.

Sayang kamu. Selalu.

Ollino Garden Hotel

  • Alamat : Jl. Aries Munandar No. 41 Kota Malang
  • Website Resmi : http://www.ollinogarden.com/
  • Harga Kamar : Rp. 400.000 (Superior Room) s.d. Rp.1.450.000 (President Suite)
  • Fasilitas : AC, Wifi, TV Flat 21 Inchi, Twin / Double Bed, Shower with Hot & Cold water, Air Mineral, Room Amenities, Free Breakfast
  • Fasilitas Hotel : Parking Area, Restaurant & Coffee Shop, Bilyard Table, dan Meeting Rooms.

 

You may also like

6 Comments

  1. Ollino Garden cukup bagus ya..mungkin karena sudah dirawat oleh Airy Group. Menurut saya lebih baik hotel-hotel yang mau bangkrut menyerahkan properti mereka kepada Airy Rooms. Selain bisa didandani lebih bagus, juga mendatangkan tamu yang lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *