Serunya Menjelajahi Dapur Queen Apple Bareng Chef Farah Quinn

Hari sabtu tanggal 16 September 2017 kemarin, saya bersama teman-teman blogger dari Malang Citizen mendapat kesempatan langka buat menjelajahi dapur Queen Apple yang terletak di Karanglo Malang. bersama Farah Quinn. Senang banget karena sebelumnya saya cuma pernah bertemu Farah Quinn di outlet Queen Apple jalan Kawi dalam kondisi yang ramai. Kali ini, saya langsung face to face mendengarkan Farah Quinn bercerita panjang lebar tentang proses pembuatan Queen Apple dan Queen Strudel.

Lokasi dapur Queen Apple bisa dibilang cukup jauh dari pusat kota Malang. Kami bertemu pada pukul 4 sore setelah menyesuaikan dengan jadwal padat Farah Quinn. Farah Quinn memang sengaja datang ke Malang dalam rangka mengikuti acara turnamen golf, olahraga favoritnya, di kawasan Araya. Setelah pada pagi harinya mengikuti turnamen golf, baru siangnya dia meladeni kami untuk menjelajahi setiap sudut dapur Queen Apple.

Saya sudah pernah bertemu dengan Farah Quinn sebelumnya. Saat itu, saya menghadiri acara launching varian rasa baru Queen Apple yaitu rasa cokelat. Acaranya seru dan meriah. Tapi kesempatan untuk berbicara langsung dengan Farah Quinn terbilang singkat. Jadi, senang sekali saat saya diberi kesempatan lagi untuk mengobrol dengan Farah Quinn dalam momen yang lebih privat dan dengan lebih sedikit orang yang hadir.

Awalnya saya mau berangkat dengan naik taksi online. Tapi karena mas Richo, sesama teman blogger di Malang Citizen, menawari tumpangan, akhirnya saya tidak jadi menyewa taksi online. Karena takut terlambat, kami agak ngebut. Ternyata pas banget. Saat kami datang, Farah Quinn sedang mempersiapkan diri di dapur untuk menyambut kedatangan kami. Dengan senyum ramahnya, dia memersilahkan kami memasuki dapur untuk melihat lebih dekat proses pembuatan Queen Apple tanpa perlu sungkan.

Queen Apple dan Queen Strudel memang diolah di dapur Queen Apple yang terletak di jalan Perusahaan Karanglo Malang. Dapur Queen Apple berada di belakang Outlet Queen Apple Karanglo dan juga bersebelahan dengan Guest House Syariah Karanglo. Bagian dapur Queen Apple juga sengaja diberi kaca bening sehingga siapapun yang kebetulan membeli Queen Apple di outlet ini atau menginap di Guest House Syariah bisa langsung melihat proses pembuatan Queen Apple dari balik kaca.

Sebagai seorang chef, pantaslah jika dapur Queen Apple menjadi โ€˜istanaโ€™ bagi Farah Quinn. Ini terlihat dari cara-cara Farah Quinn memeriksa setiap detail penampilan Queen Apple dan Queen Strudel yang ada di meja. Di dapur Queen Apple ini, Farah Quinn dibantu oleh chef Komar sebagai Head Chef yang bertanggung jawab atas produksi Queen Apple. Nah, agar lebih mudah diingat, akan saya ceritakan 5 hal menarik tentang Queen Apple dan Queen Strudel ini.

(1) Varian Rasa Queen Apple dan Queen Strudel

Queen Apple merupakan produk kue bolu yang diisi oleh olahan apel lengkap dengan scrumble di atas bolunya. Sedangkan Queen Strudel merupakan pastry dengan kulit yang berjenis strudel flucky butter lalu diisi potongan apel besar-besar dengan kualitas apel super. Queen Apple terdiri dari 4 varian rasa, yaitu : vanilla, cinnamon, cheese, dan chocolate. Sedangkan Queen Strudel memiliki 4 varian rasa, yaitu : original (apel); Cheese, Vla (apel dan vla), Choco Banana (coklat pisang).

Saat saya berkunjung ke dapur Queen Apple, saya sudah mencoba 4 varian rasa Queen Apple tersebut dan 2 varian rasa Queen Strudel (original dan Choco Banana). Untuk kue bolunya, saya suka dengan rasa coklat dan rasa kayu manis. Sedangkan untuk Queen Strudel, saya langsung jatuh cinta dengan rasa choco banana. Juara deh. Beda sama strudel lainnya dengan rasa yang sama. Bahkan saya memunguti dan memakan remahan-remahan kulit strudel yang tersisa di piring saking sukanya.

(2) Farah Quinn memiliki background dalam pastry art

Sebagai orang yang tidak suka masak (baca : malas), saya tidak begitu ngeh dengan istilah-istilah dalam dunia per-masak-an. Tapi dengan info ini ditambah saya melihat langsung bagaimana Farah Quinn di dapur, saya jadi percaya kalau Farah Quinn membuat Queen Apple dengan penuh idealisme.

Tampak sekali Farah Quinn sangat mengontrol proses pembuatan Queen Apple mulai dari pemilihan bahan, pemilihan produk kue yang akan dibuat, sampai proses detail rasa dan tekstur kue. Bahkan, beberapa kali Farah Quinn mengatakan it’s impossible ketika kami menyampaikan komentar teman kami bahwa sebaiknya kue bolunya dibuat lebih keras. Baginya, bisa saja kue bolu dibuat lebih keras tapi akan merusak tekstur dan rasa yang sudah menjadi titik standar dalam membuat Queen Apple.

Bagi Farah Quinn, bisnis Queen Apple ini tidak hanya sekedar bisnis kue ala artis yang memanfaatkan kepopuleran dirinya sebagai salah satu faktor penjualan. Tapi bagaimana Farah Quinn bisa bersinergi untuk sama-sama meningkatkan penjualan buah-buah yang ditanam oleh petani lokal di Malang sebagai bahan pembuatan Queen Apple dan Queen Strudel.

(3) Dibuat dengan bahan-bahan lokal

Farah Quinn membuat Queen Apple dan Queen Strudel dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal Indonesia. Termasuk apel kebanggaan kota Batu. Apel yang dipilih untuk filling dalam Queen Apple dan Queen Strudel merupakan apel jenis rome beauty dari Batu dan Poncokusumo yang khas rasanya. Irisan apelnya besar-besar dan tidak pelit jadi lega banget pas makan Queen Strudel. Sedangkan kayu manis yang digunakan sebagai salah satu varian rasa dalam Queen Apple juga didatangkan dari Sumatera. Selain apel, Farah Quinn juga berencana memanfaatkan buah-buah lainnya dari kota Batu seperti nangka, stroberi, dan buah-buah lainnya.

(4) Tanpa Pengawet dan Pewarna

Sebagai salah satu komitmen ‘idealisme’ Farah Quinn, Queen Apple sengaja tidak menggunakan bahan pengawet dan bahan pewarna. Jadi jangan mengharapkan tampilan kue berwarna-warni mencolok yang menggunakan bahan pewarna seperi kue-kue lainnya. Dan karena Queen Apple juga tidak menggunakan bahan pengawet, maka bolu lembut ini hanya bertahan selama 3-4 hari di suhu ruangan. Tapi, jika ingin tahan lebih lama, kita bisa menyimpannya ke lemari pendingin. Karena jika dimasukkan ke dalam freezer lemari pendingin, Queen Apple bisa bertahan selama satu minggu hingga satu bulan.

(5) Tersedia di Banyak Outlet

Dalam satu hari, dapur Queen Apple bisa memproduksi sampai 1.500 kotak saat hari-hari biasa dan jumlahnya meningkat sesuai kebutuhan saat hari-hari libur. Kue-kue ini kemudian didistribusikan di banyak tempat yang mudah dijangkau oleh warga kota Malang ataupun wisatawan dari luar kota Malang. Selain itu, kita juga bisa memesan lewat aplikasi go food. Bahkan, untuk pembeli yang berada di luar kota, Queen Apple juga menyediakan jasa pengiriman khusus. Harga Queen Apple dan Queen Strudel dipatok pada nominalย Rp. 60.000 s.d. Rp.70.000. Berikut ini outlet-outlet di kota Malang yang menyediakan Queen Apple dan Queen Strudel :

  1. Fariz pusat oleh-oleh Batu (depan Museum Angkut Batu)
  2. Kafe Ria Djenaka Batu
  3. Hotel Harris Malang
  4. Kafe Box Bandara Abdul Rahman Saleh Malang
  5. Kafe Box MOG Malang
  6. Kribo pusat oleh-oleh Jl. Tumenggung Suryo No. 110 A Malang
  7. Outlet Queen Apple Jl. Perusahaan No. 6 Karanglo Singosari Malang
  8. Kencana pusat oleh-oleh Singosari Malang
  9. Sosial Palace Jl. Raya Danau Maninjau Sawojajar Malang
  10. Outlet Queen Apple Jl. Kawi Atas No. 23 Kota Malang

You may also like

15 Comments

  1. enggak paham lagi sama artis-artis ini, latahan banget. satu buka toko kue, semua buka ๐Ÿ™

    jujur, emang enak? ha ha ha :)))

    sama kue-kue artis yang sudah lebih booming, enakan mana?

    1. Iya mbaak, dan orangnya ramah bangeet ternyata. Mungkin kesannya wajahnya judees sih tapi ternyata tidak semenakutkan yang dibayangkan ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *