KELANA, SEBUAH CERITA (BAGIAN EMPAT)

Berbeda dengan tahun lalu, Kelana saat ini sudah berusia 1 tahun lebih 1 bulan. Dia sedang aktif-aktifnya. Kondisi saat ini yang menuntut saya untuk Work From Home membuat keadaan menjadi lebih rumit. Saya kesulitan membagi waktu antara menyelesaikan pekerjaan kampus dan melaksanakan tanggung jawab saya sebagai seorang ibu. Ditambah lagi dengan ketakukan akibat kondisi pandemi Covid-19 membuat saya sempat stres dan tertekan.

Karena harus di rumah saja, saya merasa bosan dan mati gaya. Rutinitas yang biasanya super sibuk beraktivitas di luar rumah, kini harus berganti dengan memakai daster sepanjang hari bersama seorang bayi. Namun akhirnya, setelah mengobrol santai dengan suami, kami bisa mencari solusi dengan membagi waktu di antara kami berdua.

Rasa-rasanya, Tuhan memberi saya waktu tambahan untuk Kelana. Sama seperti tahun lalu ketika saya cuti melahirkan selama 3 bulan dan belajar bagaimana caranya menjadi seorang ibu baru, kali ini saya juga hampir 3 bulan di rumah untuk belajar menjadi ibu bagi Kelana, seorang batita anak pertama kami. Dan entah mengapa, Kelana juga semakin lama semakin lengket. Tidak mau ditinggal sama sekali. Dia akan menangis dan merajuk jika saya menghilang sebentar, entah itu ke kamar mandi atau untuk mengambil sebuah barang. Lucu juga sih. Baru kali ini saya merasa begitu dicintai dan dibutuhkan oleh seseorang. Rasanya jadi begitu berharga. Dan perasaan ini yang akhirnya membuat saya bisa mengatasi stres dan perasaan tertekan.

Saya bersyukur. Memiliki seorang anak memberikan banyak pelajaran baru dalam hidup saya. Mungkin benar kata orang, ketika kita mempunyai anak, kebahagiaan kita menjadi nomer sekian. Kita cenderung untuk mengutamakan kebahagiaan orang-orang yang kita cintai, termasuk anak dan suami. Tapi saya berharap, kebahagiaan diri saya tetap tidak di urutan akhir, tapi bisa berbarengan dengan kebahagiaan orang-orang yang saya cintai.

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *