Kuliner Semarang : Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie-kopyok-pak-dhuwur-4

Satu lagi kuliner legendaris kota Semarang yang wajib dicoba, yaitu Mie Kopyok Pak Dhuwur. Sajian makanan berbahan mie kuning buatan sendiri ini memang cukup terkenal di kalangan masyarakat kota Semarang. Beruntung, hari minggu lalu, tanggal 11 Februari 2018, saya sempat mampir ke warung Pak Dhuwur untuk mencoba mie kuah legendaris ini.

Awalnya, saya dan keluarga bermaksud menghadiri resepsi pernikahan salah satu kerabat di wilayah Mangkang kota Semarang. Pulang dari kondangan, adik ipar saya meminta kami untuk sekedar mampir ke simpang lima yang merupakan kawasan pusat kota Semarang. Sekalian saja, kami mencari makan siang di kota Semarang. Setelah mencari melalui aplikasi google maps, akhirnya kami memutuskan untuk makan siang di Mie Kopyok Pak Dhuwur. Lokasinya berada di jalan Tanjung kota Semarang yang berada tidak jauh dari stasiun Semarang Poncol.

Baca juga : Tentang Semarang dan Kenangan di antara Bangunan-Bangunan Tua

Mie Kopyok Pak Dhuwur sekarang sudah dikelola oleh generasi ke-2, yaitu Ali yang merupakan anak pertama Pak Dhuwur. Pada awalnya Pak Harso alias Pak Dhuwur berjualan mie kopyok secara keliling. Baru kemudian Pak Harso memutuskan untuk membuka warung secara permanen di jalan Tanjung. Dari namanya, mie kopyok atau bisa disebut mie kocok adalah mie basah yang cara memasaknya dengan dikocok dan diaduk di dalam air mendidih.

Baca juga : Akhir Pekan di Umbul Sidomukti Semarang

Mi kopyok Pak Dhuwur berisi mie kuning, lontong iris, irisan tahu pong, daun seledri, bawang goreng dan remahan kerupuk gendar atau karak yang berasal dari nasi kering. Lalu, semuanya disiram dengan kuah kaldu rempah. Jika ingin ada tambahan kuah kaldu atau garam, disajikan kuah kaldu dan garam dalam botol kecil di meja bersanding dengan botol kecap dan wadah sambel.

Mie Kopyok Pak Dhuwur wajib dicoba kalau kamu sedang berwisata ke wilayah kota Semarang. Selain menikmati suasana simpang lima dan kawasan kota lama Semarang, menikmati kuliner legendaris juga bisa menjadi salah satu pelengkap jika kita berwisata ke kota Semarang.

 

Mie Kopyok Pak Dhuwur

  • Alamat : Jalan Tanjung No. 18A Kota Semarang
  • Jam Buka : Setiap hari Jam 08.00-16.00 WIB
  • Harga : Rp. 12.000 / porsi

You may also like

2 Comments

    1. Gitu ya mbaak ? ini lebih ke mie vegetarian dengan minim bumbu siih. Ada yang bilang mirip lontong balap. Gak tau dehh. HWakaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *