Diari Dosen #2 : Pengalaman Tes Micro Teaching dan Tes Wawancara Ujian CPNS Formasi Dosen di Lingkungan Kementerian Agama Tahun 2017

tes wawancara

Setelah dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan dengan metode CAT, maka tes tahap selanjutnya yang harus saya lalui adalah adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dilaksanakan dengan Tes Micro Teaching dan Tes Wawancara.

Sejak pengumuman awal penerimaan formasi CPNS Dosen di Kementerian Agama, telah ditentukan bahwa nilai SKD hanya memiliki bobot 40% dan nilai SKB memiliki bobot 60%. Jadi sekalipun nilai SKD saya termasuk paling tinggi di formasi yang telah saya pilih yaitu Dosen Akuntansi Syariah di IAIN Pekalongan, belum tentu nilai akumulasi (SKD + SKB) akhir saya juga paling tinggi. Karena nilai SKB memiliki bobot yang lebih tinggi yaitu 60%. Maka ditahap SKB ini, saya belajar lebih giat untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) formasi dosen di lingkungan Kementerian Agama terdiri dari Tes Micro Teaching (Bobot 60%) dan Tes Wawancara (Bobot 40%), dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Memiliki kemampuan profesional yang tinggi sebagai dosen PTKIN (Bobot 60%)
  2. Memiliki komitmen kebangsaan yang kuat (Bobot 15%)
  3. Memiliki ketaatan beragama yang baik dan sikap keagamaan inklusif (Bobot 15%)
  4. Memiliki karya ilmiah (Bobot 5%)
  5. Memiliki karya/pengabdian masyarakat dan jejak rekam yang baik (Bobot 5%)

Berdasarkan pengumuman tentang jadwal SKB, maka pada tanggal 22 November 2017 saya mengikuti Tes Micro Teaching dan Tes Wawancara di IAIN Pekalongan. Ruangan ujian dibagi menjadi 3, yaitu ruang Micro Teaching, ruang Wawancara 1 dan ruang wawancara 2. Berikut ini gambaran Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di IAIN Pekalongan yang telah saya ikuti :

  1. Tes Micro Teaching (Durasi 23 menit)

Pada tes ini, saya melakukan praktek mengajar sekitar 10 menit sesuai dengan materi formasi dosen Akuntansi Syariah. Di dalam ruangan ujian, telah disediakan LCD, Laptop, White Board, dan Spidol. Jadi kita bisa membuat presentasi materi yang diajarkan dalam bentuk power point. Sebelum dan sesudah praktek mengajar ada wawancara dengan tim penguji (3 orang) menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris. Pertanyaannya seputar materi mengajar dan tata cara mengajar. Termasuk pemahaman kita terhadap materi yang akan diajar. Jangan lupa persiapkan pengetahuan dasar percakapan dalam bahasa inggris dan bahasa arab serta persiapkan Silabus dan SAP / RPP.

  1. Tes Wawancara 1 (Durasi 23 menit)

Pada tes ini, tim pengujinya hanya terdiri dari 2 orang. Satu orang memberikan pertanyaan seputar ketaatan beragama yang baik dan sikap keagamaan inklusif dan satu orang lainnya memberikan pertanyaan seputar komitmen kebangsaan yang kuat. Untuk pertanyaan keagamaan, persiapkan pengetahuan tentang baca tulis Al-Quran, surat-surat pendek, doa sehari-hari, dan ada pertanyaan tentang pandangan keagamaan kita akan toleransi keragamaan di Indonesia. Sedangkan untuk pertanyaan materi kebangsaan, persiapkan pengetahuan tentang pancasila, UUD 1945, Amandemen, serta pengetahuan seputar negara Indonesia.

  1. Tes Wawancara 2 (Durasi 5 menit)

Pada tes ini, tim pengujinya terdiri dari 3 orang. Karena durasi yang cukup pendek, pertanyaan hanya seputar karya tulis ilmiah yang dimiliki dan organisasi apa yang kita ikuti di masyarakat atau pengabdian apa yang telah kita lakukan di masyarakat. Ada juga pertanyaan mengenai komitmen dan motivasi kinerja kita nantinya sebagai PNS. Persiapkan tulisan ilmiah kita baik berupa jurnal atau penelitian serta persiapkan juga sertifikat atau hal-hal yang bisa menunjukkan bahwa kita telah melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Alhamdulillah, sekalipun saya tidak terlalu puas dengan apa yang sudah saya lakukan saat ujian, saya tetap bersyukur karena saya telah mencoba memberikan usaha yang terbaik. Dan atas doa semua orang juga, akhirnya saya diterima menjadi dosen CPNS formasi Akuntansi Syariah di IAIN Pekalongan.

Berikut ini hasil akumulasi skor akhir (SKD + SKB) yang saya dapatkan :

  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) : Skor 375, Konversi Nilai 75,000 (40% dari Nilai Total Ujian CPNS= 30,000)
  2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
  • SKB 1 / Tes Micro Teaching : Konversi Nilai 85,667 (60% dari Nilai SKB = 51,400)
  • SKB 2 / Tes Wawancara : Konversi Nilai 70,000 (40% dari Nilai SKB = 28,000)
  • Total SKB : 51,400 + 28,000 = 79,400 (60% Nilai Total Ujian CPNS = 47,640
  1. Total akumulasi skor akhir (SKD + SKB) : 30,000 + 47,640 = 77,640

 

 

Sekian dulu ya informasi yang bisa saya bagikan di blog ini. Bagi teman-teman yang akan melaksanakan ujian CPNS semoga diberikan kemudahan dan keberhasilan dalam setiap tahap-tahap yang harus dilalui. Amin.

Baca juga : Pengalaman Mengerjakan Soal-Soal CAT Untuk Ujian CPNS Tahun 2017

 

Sumber gambar : pixabay.com

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *